Suka duka mengikuti kursus kemala bayangkari
Awal pertama datang belum buka kantornya, masih tutup. 1 minggu datang lagi, Saya pikir sedikit saja yang ikut kursus mengemudi mobil eh ternyata banyak juga yang ikut sampai dari luar kota juga ada. Saya adalah angkatan ke 38.
Saya sarankan kalau mau daftar datang jam 9 pagi, hari senin-jumat bisa dilihat informasinya tulisan saya, tapi habis daftar gak langsung besoknya latihan, misalnya kalau kalian daftar bulan januari mulai kursus dibulan febuari.....
Pelatihnya juga oke oke loh, ada 4 pelatih berati ada 4 mobil, pengalaman menurut saya sifat mereka seperti pak nikson berhati lembut, pa vikry favorite tenang kalau diajar sama si bapak, pa tatar gak tau bercanda tapi agak serius, pa saiful paling cute. Kalau sama mereka gak usah melawan deh nurut aja ya. Kita dibagi menjadi per kelompok gitu 1 kelompok terdiri dari 6 sampai 7 orang, ada kelompok pagi dan siang. Sebenarnya masih banyak deh yang saya mau cerita sampai ada yg nyangkut dihati, cinlok, cie cie
Ok langsung saja ya!
Lama Latihan selama 14 hari, satu orang 30 menit, hari terakhir membuat sim A biasa, yess....
HARI 1 - 3 latihan di pantai besji latihan ke 4 sampai hari terakhir dijlalanan ramai jalan raya OMG takuttt, Jangan takut Jesus with you andalkan dia maka dia akan bertindak.....
Setiap hari rolling pelatih, diganti2
Kami berkumpul di pantai Besji pasir 2 di situkan ada lapangan besar emang khusus untuk latihan mobil.
Di ajarin satu satu orang gak rame2 nanti sesudah di jlan raya baru rame 2 asikkk, nah hari pertama sampai ketiga bagaimana menyalakan mobil, menggeser tempat duduk, tempat rem tangan, lampu sen kiri sen kanan, lampu tembak kalau mau mempersilahkan orang jalan, lampu mobil, wiper, setir mobil zig zag zig zag, dll
KIRI KOPLING, TENGAH REM KAKI, KANAN GAS
Cara caranya :
1. Hidupkan mesin mobil memutar kunci mobil ke arah jarum jam
2. Sesudah hidupkan
3. Injak kopling
4. Masukkan gigi 1 ( untuk memulai berjalan harus diawali dengan gigi 1)
5. Tarik tuas rem tangan ke bawah ( pencet tekan naik lalu, turun)
5. Lepas kopling pelan2 tahan sampai mobil jalan ( gak usah injak gas dulu )
6. Jika mobil sudah jalan baru rasakan gas ( carax rasakan ketika kita menyentuh seseorang )
7. Sudah deh mobilnya jalan tapi jangan langsung panik tetap fokus kedepan kuasai setir dulu
8. Lanjut dengan gigi 2,3,4,5, R mundur.
Fungsi dari Gigi atau geer pada mobil
Gigi 1 : injak kopling masukan gigi 1 ( dorong tuas ke kiri dorong ke atas ) lepas rem dan kopling pelan2.
Gigi 1 jalannya pelan
Gigi 1 digunakan saat memulai menjalankan mobil, dijalan rusak2 berlobang, tanjakan, dari gigi 2 ke 1.
Gigi 1 saat berhenti lampu merah kembalikan ke gigi 1, pokonya setiap mau berhenti atau mau jalan gigi 1. Harus ganti2 gigi supaya mobil gak mati, aduh hari gini masih oporr gigii.... hehehe
Kalau sudah jalan dengan gigi 1, jika mesin sudah mengaung ganti dengan gigi 2, gass lalu ganti gigi..... harus berurutan ya, dari gigi 1 ke 2 ke 3, ke 4, ke 5, begitupun kembali harus berurutan....
Gigi 2 injak kopling masukan gigi 2 ( dorong tuas dari gigi 1 ke 2 dorong kebawah) lepas kopling cepat
Gigi 2 jalanya sedang saja gak cepat gak lama
Gigi 2 bisa digunakan di tanjakan, di jalan lurus,
kalau sudah jalan dengan gigi 2 gak usah diganti juga gak apa2 bagi pemula, masuk ke gigi 3
Dari gigi 2 ke Gigi 3 injak kopling masukan gigi tiga ( dorong tuas ke atas ke tengah ke atas ) lepas kopling
Gigi 3 agak kencang ringan kalau membawa gak usah injak gas tapi bisa juga klau mau
Gigi 3 bisa digunakan saat turunan, tanjakan gak terlalu curam, dan dijalan lurus juga bisa. Ringann
Sampai di gigi1 dan gigi3 dulu ya..... soalnya saya belum menggunakan gigi 4 dan 5
Tapi sepertinya gigi 4 dan 5 hanya untuk menambah kecepatan
Semakin giginya ke atas ditambahkan semakin cepat kecepatannya!
HAL HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN !
Gigi 1 hanya untuk memulai menjalan mobil atau mau berhenti gigi 1
Gigi 1 tanjakan, lampu merah, jalan berlobang,
Gigi 1 dan 2 hanya untuk tanjakan gigi 3 juga bisa tergantung tanjakan, kalau curam pake 2 dan 1 saja.
Gigi 2 dan 3 untuk turunan
Gigi 4 dan 5 gak mampu kalau tanjakan, entar mati, eh gak tauu ya soalnya belum pernah mencoba.....
Kalau mau belok lebih baik gak usah gass
Jangan lupa kuasai stir lebih baik stir diputar dengan full dan benar lalu balas lgi kembalikan sepeerrti semula Perhatikan ban selalu harus lurus.
Ban mobil harus selalu lurus, ingat!
Semua harus tau harus bisa cara memindahkan gigi that's so importent! Penting
Agar dapat menguasai semuanya, itu dulu yg penting yg lain mah gampang, , ,
Lepas rem lepas kopling pelan tahan rasakan mau jalan pindahkan ke gas.
Perhatikan spion jika mau berbelok, jangan lupa lampu sen dan matikan juga, ok
Jangan langsung berbelok atau menggunting jalan, berada di tengah garis putus lalu berbelok.
Kopling pakai seperlunya saja ya, untuk ganti gigi misalnya, atau kopling setengah atau mengantung biasanya saat mau lampu merah ke hijau tu
Jangan terlalu dekat sama mobil orang jaga jarak ! Takut nyenggol didepan dan dibelakang
Turunan curam ingat rem rem lagi rem lagi! AGak tekan kebawah gak apa2.... jangan terlau kaget pelan saja
Kalau jalan raya perhatikan garis putih ya.... kalau mau dikiri dikiri saja kalau dikanan kekanan saja, jika mau berganti jalur nyalakan lampu sen jangan salah jalur ok
Kalau sudah digas masukan gigi koplingnya di lepas aja karna mobil dalam kondisi berjalan, biasanya agak cepat dalam turunan bgitu, kecuali mobil berhenti kopling lepas pelan2.
Saat mau turunan jangan injak kopling full, lebih baik mainkan rem saja
Pakai rem tangan naikkan rem full gigi ke posiskan netral mau jalan masuk ke gigi 1. Lalu turunkan rem tangan
Lebih baik rem dulu baru kopling kalau mau berhenti,
Gigi 1 digunakan tanjakan macet caranya masukan gigi 1, angkat kopling setengah rem masih diinjaklepas kopling tahan sampai mobil tuas bergetar pindah ke gas agak tinggi, dilakukan agak cepat dan harus seimbang antara gas dan kopling. Bisa memakai rem tangan juga bisa atau rem kaki tapi katanya lebih mudah rem tangan. Terakhir baru diangkat rem tangan.
Saat merayap di jalanan macet cuman singkat, bisa dengan injak kopling setengah tetapi gas masih di injaak,
Ganti ke gigi 2 lagi, dengan cara diatas
Kalau dijalan raya juga harus melihat garis putih ada garis putus2 ada juga garis tidak putus, jika garis putus boleh melambung kalau garis tidak putus tidak boleh melambung, ingat!
Ada 3 jalur lebih baik mobil jika mau melambat berada dikiri, sedang mau cepat berada di tengah, fungsi dari tiga jalur untuk jalur yang dilewati harus cepat
Perhatikan kaca spion jika mau berbelok ke kanan kekiri jangan langsung membelok atau menggunting perlahan berbelok dengan pasti. Ingat lampu sen juga!
Rasakan stir mobil jika mau berbelok memmutar stir agak fulll lalu balas lagi kembalikan ke semula dengan cepat dan lincah.
Belajar parkir mudur jika kita mau mundur ke kiri putar stir ke kiri jika mau mundur ke kanan putar stir ke kanan, balas lagi dilakukan agak cepat. (Perhatikan kaca spion jika mau kundur)
Stengah kopling jika mau berjalan mundur, jika full kopling mobil berhenti.
Cara mematikan mobil
Injak kopling full dan rem ful maka mobil akan berhenti pindakan tuas ke netral berada ditengah dan tarik rem tangan keatas full. Jangan lepaskan rem sebelum rem tangan diangkat, itu lebih baik ok.
Ini semua sangat menyenangkan, kebersamaan bersama teman2, tapi pasti akan ada perpisahan juga, ya begitu lah..... sedih lohhh ketik ini mau nangiss awakkkkk...... saya gak pernah menyesal ikut kursus dikemala saya sangat puas sekali, rasanya pengen ikut kursus lagi, hehehehe
Saya sarankan kalau mau latihan pake jaket + kacamata supaya gak hitam seperti saya khususnya para cewe, ini lihat aja sebelum latihan dan selesai latihan langsung hitam sayanya, tapi gak apa apa selesai kursus langsung pemulihan kulit+perawatan.... oke semua trimakasih sudah mampir
Selamat mengemudi.......
Test
BalasHapusyup
Hapushahahaha
BalasHapusIbu sy mu bljr mobil kursus kemala tpi yg d sentani itu gmna ya
BalasHapusGimana tahun2019 lagi nikala kursus mengemudi
BalasHapus